Windows 11 Release Date, Fitur dan Semua yang Harus Kamu Tahu

  • 4 min read
  • Jun 20, 2021

Sudah siap dengan kemajuan zaman? Kali ini bukan soal Cryptocurrency yang akhir-akhir ini selalu ramai diperbincangkan sebagai representasi perkembangan teknologi.

Buah bibir ini berasal dari OS paling populer di dunia, Microsoft Windows yang dikabarkan akan memasuki era baru. Ya! Versi awal Windows 11 telah bocor dan membuat keyword “windows 11 release date” di pencarian Google naik drastis popularitasnya.

Semua orang dibuat penasaran, Windows 11 kapan rilis?

Tampilan interface yang lebih segar dan nama baru dari OS Windows terlihat dibocoran tersebut. Besar dugaan, acara yang akan diadakan oleh Microsoft pada 24 Juni mendatang, akan jadi panggung untuk mereka mengumumkan OS generasi terbarunya ini.

‘Sun Valley’ jadi codename yang diusung. Walaupun sejauh ini nama itu digunakan pihak Microsoft untuk menyebut pembaruan Windows 10 yang akan datang, namun netizen berasumsi Microsoft sedang merencanakan lebih dari itu.

Mari kita lihat apa saja yang kami tahu tentang Windows 11, sang generasi baru.

Windows 11 Release Date

Saat ini tidak ada tanggal rilis resmi yang dikonfirmasi pihak Microsoft untuk Windows 11. Namun, mereka mengumumkan akan mengadakan sebuah acara pada 24 Juni jam 11 siang waktu setempat dengan agenda membicarakan tentang ‘generasi Windows berikutnya’.

Jadi kamu hanya perlu bersabar sebentar lagi.  Kita akan segera tahu kepastiannya tidak lama lagi. Bisa jadi 24 Juni yang jadi waktu acara tersebut jadi Windows 11 release date yang kita tunggu-tunggu.

Jika mengingat pernyataan Microsoft tahun 2015 saat Windows 10 pertama kali muncul, mereka bersikeras bahwa tidak akan ada Windows 11.

Tetapi teknologi terus berubah dan berkembang. Apakah bisa terus bertahan dengan nomor 10? Apple secara teknis melakukannya selama sepuluh tahun hingga akhirnya mereka luluh dengan mengeluarkan macOS 11 Big Sur.

Kini, sinyal-sinyal yang memberitahukan era angka 10 akan runtuh mulai muncul, pada tanggal 9 Juni, Microsoft merilis sebuah video yang isinya suara start-up semua generasi OS, dari Windows 95 hingga 2007 yang diperlambat menjadi 4.000%.

Coba tebak berapa lama durasi videonya? Tepat 11 menit tanpa lebih atau kurang sedetik pun. Belum lagi acara 24 Juni yang juga diberitahukan lewat video tersebut akan digelar jam 11 siang waktu setempat. Apa semua angka 11 ini hanya ketidaksengajaan?

Nasib Windows 10

Pada pembukaan acara keynote to Build 2021, CEO Microsoft, Satya Nadella menyinggung tentang versi baru Windows. Dia berkata, selama beberapa bulan terakhir dirinya sedang menghosting generasi berikutnya dari Windows. Dia mengaku sangat senang dengan generasi terbaru tersebut.

Sebenarnya sebuah spin-off yang disebut Windows 10x juga pernah dikerjakan untuk perangkat tablet dan laptop kelas bawah, sampai akhirnya secara tiba-tiba dihapus awal tahun ini.

Lalu ada sebuah pemberitahuan dari Windows yang mengatakan dukungan untuk Windows 10 akan berakhir pada 14 Oktober 2025, tiga tahun dari sekarang. Ini malah jadi indikasi kemunculan dari Windows 11.

Windows 11 Release Date indicator

Kemudian dugaan ini semakin diperkuat dengan diumumkannya upgrade terbaru yang disebut the near-final build, yang diduga sebagai Windows 11. Hal ini malah dianggap pertanda bahwa ‘Windows 11 release date’ akan datang lebih cepat bahkan mungkin sebelum 3 tahun.

Windows Central juga melaporkan, dalam timeline internal perusahaan, akan dirilis Windows 10 21H2 (Sun Valley) pada bulan Oktober, yang dimulai dengan pengujian melalui saluran Windows Insider.

Di sini Microsoft memang sudah menetapkan tanggal akhir bagi pembaruan dan dukungan Windows 10 yaitu hanya sampai Oktober 2025. Lalu bagaimana nasib Windows 10 selanjutnya?

Mari kita mundur ke belakang, dulu ketika Windows 10 keluar, penghentian layanan dari versi sebelumnya yaitu Windows 7 ditunda oleh Microsoft. Mungkin bisa jadi Windows 10 juga akan tetap ada setelah 2025, sementara Windows 11 tetap rilis.

Fitur Windows 11

Walaupun ‘Sun Valley’ masih disebut pihak Microsoft sebagai pembaruan tampilan dan fitur untuk Windows 10, namun dengan semua petunjuk yang mengarah ke keberadaan dari Windows 11, maka kita bisa berasumsi Sun Valley adalah gambaran bagaimana fitur dari Windows 11 nantinya.

Tampilan Baru

Menu Start Windows 11

Di saluran Dev Insider terbaru, tampak banyak ikon yang didesain ulang dan memberikan perubahan cuku signifikan pada tampilan Windows yang kita kenal.

Rumor tentang desain ulang UI ini memang sudah ada sejak lama. Dengan menggunakan font baru, Segoe UI Variable sudah tersedia dalam versi dev sejak build 21376.

Namun, tim desain Microsoft juga masih mencari font baru, mereka pernah meminta para pengguna untuk memilih dari lima font sebagai pengganti Calibri.

Selain itu, ada lowongan pekerjaan yang baru-baru ini di pasang oleh Microsoft. Di lowongan tersebut seperti sangat menekankan pada kegiatan desain ulang yang akan mereka lakukan.

Mereka menulis di bagian jobdesknya,  “membangun bagian baru dan modernisasi i Windows UX, melakukan user research untuk memahami kebutuhan pengguna.”

Meskipun bisa jadi yang dilakukan hanya pembaruan kecil untuk Windows 10, namun tetap tidak menutup kemungkinan yang terjadi adalah desain ulang besar-besaran untuk Windows 11.

Bersama dengan munculnya build 21996 baru-baru ini yang mengonfirmasi nama Windows 11 (Sun Valley), kita juga dapat melihat UI baru dengan start button dan ikon di taskbar berada di tengah, yang sepintas mengingatkan kita pada dock dari macOS.

Bukan hanya font dan ikon, bahkan wajah baru tejadi di sudut dari jendela yang muncul. Sudut yang dulunya tajam 90 derajat kini dibuat melengkung. Tentunya ini menghadirkan tampilan yang benar-benar baru dengan kesan lebih lembut ke Windows 11.

tampilan Windows 11

Menu Start yang awalnya berada di sudut kiri, tampaknya akan dipindahkan jadi di tengah taskbar. Namun tenang saja, tersedia opsi untuk mengembalikan letak Menu Start ini ke tampilan klasik di sudut kiri bawah, jadi jika kamu kagok dengan tata letak baru tinggal diubah ke posisi klasik.

Lalu ada fitur yang sepertinya diadaptasi dari smartphone, yaitu ‘Wake to Touch’. Fitur ini memungkinkanmu untuk membangunkan perangkat dari kondisi standby hanya dengan mengetuk layar.

Secara keseluruhan, tampilan dari Windows 11 ini mengalami perubahan signifikan dari pendahulunya, Windows 10. Alhasil, kamu akan melihat tampilan yang jauh lebih fresh ketika pertama meng-upgrade OS ke Windows 11.

Fitur OS Baru

Tentu saja, pembaruan besar untuk Windows 11 tidak hanya terjadi pada tampilan sistem operasi, tetapi juga pada fitur-fiturnya.

Dilaporkan bahwa Microsoft akan memasukkan statistik penggunaan baterai ke Pengaturan aplikasi. Smartphone telah memiliki fitur semacam ini selama bertahun-tahun, akhirnya Windows akan mengadopsinya.

Fitur lain yang dikabarkan dapat dipindahkan dari ‘Sun Valley’ ke Windows 11 adalah kemampuan untuk menghapus banyak aplikasi dalam satu waktu, peningkatan snap assist untuk tampilan eksternal, dan penambahan dashboard akun Microsoft di taskbar.

Selain itu, pengujian terbaru menunjukkan bahwa taskbar dan File Explorer process yang biasanya terlihat di Task Manager dijadikan terpisah.

Bahkan ada fitur yang disempurnakan untuk mengatur posisi jendela yang terbuka. Dengan mengarahkan kursor ke tombol ‘maximize’, sebuah pop-up akan muncul, memberimu pilihan untuk mengatur ulang posisi jendela yang terbuka dan menampilkan semuanya sekaligus dengan rapi.

klik kanan pada taskbar untuk Task Manager sekarang tidak ada dan shortcut Win + X untuk beralih ke PowerShell juga hilang.

Itulah informasi tentang generasi terbaru OS keluaran Microsoft yang kami ketahui. Jadi jangan tanya lagi Windows 11 kapan rilis atau searching dengan keyword ‘Windows 11 release date’ sebelum tanggal 24 Juni nanti.

Atau, mari kita berdoa saja tanggal tersebut jadi Windows 11 release date yang kita tunggu-tunggu. Oh iya, dikabarkan juga upgrade dari Windows 8 atau 10 ke Windows 11 tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Nah makin tidak sabar kan menunggu Windows 11 release date ini datang.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *